Mahasiswa Magang


Pada tema kali ini gue akan sedikit lebih serius,karena ini permintaan temen gue yang bernama Intan Rahmawati agar gue membuat tips magang yang baik dan benar. Kebetulan dia semester depan itu mulai magang hehe buat yang senasib atau yang beberapa tahun lagi akan magang,tidak ada salahnya membaca tips ala gue gimana cara magang dengan baik dan cucok cyiinn..

#1 Miliki Tujuan yang Jelas
Sukses menjadi mahasiswa magang harus diawali dengan tujuan magang yang jelas.Jika tujuan lo 'hanya' ingin sekedar memenuhi kewajiban prasyarat kuliah, ya itulah yang akan anda dapatkan. Sayang aja sih jika itu saja tujuannya. Padahal banyak lho yang bisa didapatkan saat menjalani kerja praktik/magang. Jadi, segera temukan 'sejumlah' tujuan yang ingin lo capai di pada saat magang.

#2 Fokus dan Kerja Keras
Kenapa perlu fokus dan kerja keras? Sebenarnya kedua hal ini menjadi penting ketika tujuan lo magang sudah jelas. Kalau tidak jelas, bagaimana mau fokus dan kerja keras? 
Ya anggap saja magang ini adalah sebuah kerjaan yang kalo lo gak kerjakan akan membuat miskin Indonesia. Kenapa begitu ? ya karena banyak pejabat udah ‘fokus’ dan ‘kerja keras’ buat apa? Buat dirinya dan keluarganya sendiri tanpa mikirin rakyat indonesia ! dan gue mau kita semua gak fokus dan kerja keras terhadap diri sendiri saja,melainkan untuk orang lain.

Bila waktunya terbatas,menurut gue lo fokus di salah satu tujuan lo aja. Misal lo magang mau dibagian personalia,ya lo fokus aja di bagian itu tanpa mikirin hal lain selain tugas kuliah yah.

#3 Bertanyalah pada Ahlinya
pastikan lo bertanya pada ahlinya. Caranya? Lo bisa bertanya pada Kepala Unit di tempat lo magang, siapa yang dapat membantu lo untuk memahami subyek yang ingin lo pelajari. Begitu lo dapatkan siapa yang memahami subyek tersebut, pastikan lo menjadikannya tempat bertanya dan tandem berdiskusi. 

#4 Penuhi Syarat Administrasi
Formal dikit ah :D
Tentu, kampus lo menginginkan lo memenuhi prasyarat dasar seperti presensi hadir, laporan akhir, dan lain sebagainya. Tetap kerjakan syarat tersebut, dan berikan suatu hal yang luar biasa untuk tempat lo magang dan kampus lo.

Format laporan biasanya sudah ditentukan oleh kampus (katanya). Bila studi lo mendalam, lo bisa 'bercerita' banyak mengenai subyek yang lo teliti. Lebih bagus lagi, lo menguasai materi tersebut dengan baik. Gunakan 5W1H untuk mendalami materi yang lo pelajari saat magang, lalu tuliskan dalam laporan lo.

#5 Perluas Jaringan
Bila memungkinkan,pastikan bahwa lo mendapatkan sebanyak mungkin orang untuk mengenal 'nilai lebih' lo sebagai karyawan magang. Mengapa? Bisa jadi, lo dapat mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan perusahaan.

Link atau chanel seperti ini akan sangat banyak sekali mambantu masa depan lo :)) goodluck buat lo yang akan magang (entah kapan dan dimana).

0 comments:

Posting Komentar